Pengalaman Blogging Pertama Saya


Pertama kali 2017, Itu adalah hari pertama saya memutuskan untuk memulai membuat blog pertama saya. Membuat blog hanya belajar sendiri dari internet karena rasa ingin tahu yang tinggi saat itu sebab melihat blog teman saya tertarik akan terlihat keren dengan melihat nama kita ada di internet 😅 itu awal mula


Awal mula saya membuat website

Platform blogger yang saya gunakan saat itu karena free alias gratis, kita tinggal buat akun gmail dan jadi deh 😅 hehe..

Saat pertama kali membuat blog, saya sangat awam alias nubitol hahaha, bahkan cara buat postingan saja masih belum tahu. Namun, dengan semangat belajar yang tinggi melalui internet, akhirnya secara perlahan-lahan mengetahui caranya. Karena niat membuat blog hanya iseng untuk membuat tugas sekolah saja tidak memmikirkan content dan isinya juga gado-gado tinggal kasih sambel mantep tuh hehe canda 😄

Saya tertarik mulai blogging karena melihat ada sebuah blog bernama DYTOSHARE dulu, content disana tentang Software Download, padahal ketika saya perhatikan isinya cuma software doang tapi kok pengunjungnya buanyak sekali, dari situ saya mulai mengerti tentang blogging intinya blog yang kita buat harus sesuai dengan apa yang orang cari di internet, tapi saya sempat berfikir apasih gunanya bikin konten setiap hari kalau gak ada untungnya buat kita?

Saya kemudian mencari informasi di internet, ternyata blog DYTOSHARE mendapatkan keuntungan dari iklan dan iklan yang dipakai disana adalah dengan cara klik link downloadnya, kalau tidak salah dulu ada situs yang terkenal yaitu Adfly dari beberapa klik kita bisa mengumpulkan pundi-pundi dolar.


Awal mengenal google adsense

Pada tahun 2019, saya mulai berpikir tentang bagaimana caranya mendapat uang dari internet disini saya memiliki akses internet sebatas digunakan untuk nonton youtube dan mengakses browsing. Menurutku masih ada beberapa hal penting lainnya yang dapat dimanfaatkan dari internet.

Dari teman dan dia juga seorang blogger saya mulai belajar gimana sih dapet uang dari internet? Lalu dia menjelaskan kepada saya untuk mencoba google adsense, lah apa itu google adsense? Dia malah ketawa karena saya benar-benar awam (nubitol) haha 😄 akhirnya dia jelasin kalau blog kita dipasang iklan dari google nanti kita dapet uang dari setiap iklan yang di klik oleh pengunjung.

Tanpa berbikir panjang, saya langsung tertarik dengan google adsense karena menurut saya ini adalah produk google dan tidak mungkin dong ini penipuan.

Platform pertama yang saya pasang adsense adalah Wordpress, lah kok WP bukan blogger? jadi dulu sempat vakum blogging karena saya sibuk dengan aktifitas sehari-hari seorang penjaga warnet, tapi di tahun 2018 saya mulai aktif kembali dan membuat content tentang game. Karena sehari-hari jadi operator warnet gaming apasih kalau bukan tentang main game.

Akhirnya saya terus belajar membuat content hasil sendiri dengan memanfaatkan google adsense alhamdulliah sudah bisa mencicipi duit hasil internet lumayan lah buat nambah duit jajan hehe 😅

Jadi berawal dari hobi bisa mendapatkan penghasilan sendiri, intinya seorang blogger jangan selalu pesimis, belajar dan terus belajar jangan pikirin duit kapan cair ikuti dulu alur prosesnya serta ambil ilmu yang bermanfaat dan masalah duit nanti juga mengalir sendiri tinggal sabar dan selalu konsisten dalam prosesnya. Terima kasih semoga pengalaman saya bisa bermanfaat.

Komentar